Wednesday, December 14, 2016

Obat Gusi Berdarah dari Bahan Alami yang Terbukti Efektif


Anda dapat menggunakan obat gusi berdarah dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga Anda dapat cepat menanganinya ketika mengalami gusi berdarah. Gusi berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang tidak boleh dianggap remeh. Sebab, gangguan pada gusi tidak hanya menimbulkan dampak baik lokal maupun sistemik. Dampak lokal yang dirasakan biasanya berupa rasa nyeri di sekitar area gusi yang mengalami perdarahan. Rasa nyeri bisa timbul kapan saja dan tentunya sangat mengganggu kenyamanan Anda. Sedangkan dampak sistemik yang dapat disebabkan oleh gangguan pada gusi antara lain yaitu timbulnya sakit kepala maupun gangguan persyarafan di daerah telinga, mata, tengkuk, dan sekitarnya.

Timbulnya gusi berdarah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu akibat infeksi kuman pada area gigi dan gusi, trauma akibat suatu benda (misalnya sikat gigi, tusuk gigi, garpu, sendok, sedotan), alergi pada gusi, dan kekurangan vitamin C atau vitamin K. Selain itu hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gusi berdarah yaitu pemakaian kawat gigi/behel, mengkonsumsi makanan yang terlalu manis sehingga memudahkan terjadinya peradangan, kebiasaan merokok, perubahan hormon, dan dapat pula dipicu karena faktor stres. Gusi berdarah ditandai dengan keluarnya darah dari dalam gusi, yang biasanya disertai dengan pembengkakan pada gusi dan rasa nyeri di sekitar gusi.

Berbagai Pilihan Obat Gusi Berdarah dari Bahan Alami yang Bisa Anda Coba
Jika mengalami gusi berdarah, sebaiknya segera Anda atasi. Sebab jika tidak segera ditangani akan menimbulkan infeksi yang makin parah. Langkah paling awal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gusi berdarah yaitu dengan menghentikan perdarahannya. Caranya yaitu dengan melakukan penekanan pada gusi yang berdarah menggunakan kain yang bersih. Atau untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga dapat menggunakan es batu kecil yang dimasukkan dalam kain yang digunakan untuk menekan gusi tersebut. Setelah perdarahannya berhenti, Anda dapat melakukan langkah pengobatan. Untuk mengobati gusi berdarah, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan obat gusi berdarah berikut ini:

Daun Sirih
Daun sirih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai kandungan zat antiseptik alami sehingga ampuh untuk digunakan sebagai obat gusi berdarah. Caranya yaitu siapkan kurang lebih lima lembar daun sirih yang masih segar lalu dicuci sampai bersih. Kemudian rebus daun sirih dengan 2 gelas air di dalam panci tertutup sampai mendidih. Setelah itu diamkan beberapa saat supaya agak dingin. Lalu gunakan ramuan daun sirih tersebut untuk berkumur dan lakukan 2 kali dalam sehari agar gusi berdarah yang Anda alami segera sembuh.

Daun Jarak
Di daerah perkotaan mungkin Anda agak kesulitan untuk mendapatkan daun yang satu ini, tetapi di daerah pinggiran kota atau di pedesaan tanaman ini cukup mudah ditemukan. Daun jarak ternyata juga merupakan obat gusi berdarah yang efektif. Caranya yaitu ambil beberapa lembar daun jarak, dibersihkan, kemudian direbus sampai mendidih dan ambil airnya. Untuk hasil yang lebih optimal, tambahkan kapur sirih secukupnya. Setelah itu gunakan ramuan daun jarak dan kapur sirih tersebut untuk berkumur.

Air lemon
Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C sehingga cocok digunakan sebagai obat gusi berdarah. Cara membuatnya yaitu siapkan setengah buah lemon, lalu diperas untuk diambil airnya. Masukkan perasan buah lemon tersebut pada 1 gelas air hangat. Gunakan larutan buah lemon untuk berkumur selama beberapa saat dan lakukan secara teratur.

Labu siam
Obat gusi berdarah yang berikutnya yaitu dengan menggunakan labu siam. Tanaman yang enak dibuat untuk sayur ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati gusi berdarah. Caranya yaitu siapkan satu buah labu siam, cuci sampai bersih, potong-potong, lalu masukkan dalam 2 gelas air dan masak sampai mendidih. Setelah itu saring untuk diambil airnya dan tambahkan madu asli secukupnya untuk menambah khasiat ramuan. Gunakan ramuan labu siam dan madu tersebut untuk berkumur-kumur agar gusi berdarah segera sembuh.

Akar sereh
Akar sereh selain sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah. Akar sereh mengandung zat antibiotik alami sehingga efektif untuk meredakan peradangan dan menyembuhkan gusi berdarah. Caranya yaitu siapkan akar sereh secukupnya lalu direbus dan disaring untuk diambil airnya. Setelah dingin, gunakan air rebusan akar sereh tersebut untuk berkumur dan lakukan secara teratur.

Minyak cengkeh
Cengkeh merupakan jenis tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk untuk mengobati gusi bengkak atau berdarah karena mengandung zat anti inflamasi, anti anti bakteri, zat antioksidan, dan anestesi alami. Cara mengobati gusi bengkak dan berdarah menggunakan minyak cengkeh yaitu ambil cengkeh secukupnya kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak zaitun secukupnya untuk menambah khasiat ramuan. Lalu oleskan ramuan tersebut pada gusi yang mengalami perdarahan. Untuk mengoleskan ramuan ini pada gusi, tentunya harus dihentikan dulu perdarahannya.

Buah stroberi
Buah stroberi merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C yang kandungannya melelebihi jeruk. Kandungan vitamin C di dalam stoberi yaitu sekitar 83 mg dalam setiap 100 gram stroberi. Untuk mengobati gusi berdarah menggunakan buah stroberi caranya yaitu ambil beberapa buah stroberi, cuci sampai bersih, kemudian dihaluskan. Anda dapat menghaluskan dengan cara ditumbuk manual atau dapat pula dengan diblender. Setelah halus, oleskan pada bagian gusi yang mengalami peradangan atau perdarahan.

Air garam
Air garam juga dapat digunakan untuk mengobati gusi berdarah. Kandungan natrium dalam garam cukup ampuh untuk meredakan radang gusi dan mencegah perdarahan. Cara membuatnya yaitu ambil garam sebanyak 1 sendok teh kemudian masukkan ke dalam 1 gelas air matang hangat dan aduk sampai rata. Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur dan lakukan secara teratur maka gusi berdarah yang Anda alami akan segera sembuh.

Timbulnya gusi berdarah biasanya diawali dengan adanya peradangan pada gusi. Dan peradangan pada gusi pada umumnya berkaitan erat dengan kesehatan gigi. Oleh karena itu masalah gigi dan gusi merupakan hal yang saling terkait dan tak terpisahkan. Jika Anda mengalami gusi berdarah, Anda juga harus memperhatikan ada tidaknya masalah di gigi Anda seperti caries gigi maupun gigi berlubang. Maka selain mengatasi masalah gusi dengan obat gusi berdarah seperti yang telah dipaparkan di atas, maka Anda juga harus mengatasi permasalahan pada gigi Anda.

Untuk mencegah terjadinya gusi berdarah, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi secara rutin minimal dua kali dalam sehari. Anda juga dapat menggunakan obat kumur anti bakteri terutama ketika terjadi peradangan pada gigi atau gusi. Anda sebaiknya mengurangi makanan atau minuman yang manis-manis karena dapat lebih mudah memicu terjadinya perkembangbiakan kuman. Untuk menghindari trauma pada gusi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika menggosok gigi, ketika menggunakan alat makan, atau saat membersihkan gigi dengan tusuk gigi. Konsumsi lah sayur dan buah-buahan terutama yang banyak mengandung vitamin C dan K. Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, serta hindari stres. Jika mengalami gangguan gusi berdarah yang sering muncul dan susah sembuh maka sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment